Selasa, 10 November 2015

Laporan Akhir Praktikum Fotosintesis

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami  ucapkan puji dan syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kami, sehingga kami dapat meyelesaikan laporan akhir percobaan fotosintesis dengan baik.
Adapaun laporan ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan karya tulis ilmiah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini.
Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusunan bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu, dengan lapang dada kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberikan kritik dan sarannya kepada kami, sehingga kami dapat memperbaiki karya tulis ilmiah ini.
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari laporan hasil percobaan ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya  sehingga dapat memberikan insipirasi terhadap pembaca.









BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Anabolisme adalah suatu peristiwa perubahan senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks, nama lain dari anabolisme adalah peristiwa sintesis atau penyusunan. Anabolisme memerlukan energi, misalnya :energi cahaya untuk fotosintesis.
Fotosintesis merupakan proses sintesis senyawa organik dari senyawa anorganik dengan bantuan energi cahaya matahari.
Pada proses fotosintesis ini akan dihasilkan dua senyawa yaitu glukosa dan oksigen.
6CO2 + 6H2O      energi cahaya       C6H12O6 + 6O2
Klorofil
Untuk mengetahui fotosintesis menghasilkan O2, maka dilakukan percobaan Ingenhouzs dengan memberikan perlakuan yang berbeda – beda seperti diletakkan ditempat yang teduh dan ditempat yang terkena cahaya langsung.
Untuk mengetahui fotosintesis menghasilkan amilum maka dilakukan percobaan Sachs.



2.      Rumusan Masalah
a)      Apakah  fotosintesis menghasilkan O2 dan memerlukan cahaya?
b)      Apakah fotosintesis juga menghasilkan amilum?




3.      Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dari percobaan fotosintesis ini yaitu:
a.    Percobaan Sachs untuk membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis dihasilkan glukosa
b.    Percobaan Ingenhousz untuk membuktikan bahwa proses fotosintesis melepaskan Oatau oksigen


4.      Manfaat
penelitian ini dilakukan untuk melakukan pengamati proses fotosintesis secara langsung serta hasil dari proses fotosintesis














BAB II
METODE PENELITIAN

Percobaan I membuktikan fotosintesis mengikat oksigen
·         Alat dan bahan
1.      Gelas piala
2.      Korek api
3.      Corong kaca
4.      Tumbuhan air hydrilla verticillata
5.      Tabung reaksi
6.      Air
7.      Kawat
·         Langkah kerja
fotosintesis menghasilkan oksigen
1.      Susunlah perangkat percobaan seperti gambar Upayakan tabung reaksi dalam keadaan penuh berisi air (tidak ada rongga udara).
2.      Letakkanlah perangkat percobaan tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari
3.      Amatilah apa yang terjadi dalam beberapa menit kemudian
4.      Diskusikan apa yang terjadi.

Percobaan II membuktikan fotosintesis menghasilkan karbohidrat
·         Alat dan bahan
1.      Gelas kimia
2.      Pipet tetes
3.      Tripod (kaki tiga)
4.      Gunting
5.      Pembakar spiritus
6.      Kertas timah atau kertas karbon
7.      Tabung reaksi
8.      Larutan yodium
9.      Cawan petri
10.  Alcohol 70%
11.  Pinset
12.  Daun tumbuhan

·         Langkah kerja
1.      Tutuplah sebagian daun tumbuhan di kedua sisinya dengan kertas timah beberapa hari sebelum percobaan
2.      Biarkan daun tersebut terkena cahaya matahari. Kertas timah menghalangi cahaya matahari sehingga bagian itu merupakan bagian yang tidak terkena cahaya matahari
3.      Petiklah daun tersebut pada saat akan melakukan percobaan
4.      Bukalah kertas timah yang menutupi daun
5.      Masukkkan daun tersebut ke dalam gelas kimia yang berisi air panas dan tunggulah sampai daun layu
6.       Masukkan daun yang telah layu tadi ke dalam tabung reaksi dan berilah alcohol 70% secukupnya, lalu masukkan tabung reaksi itu ke dalam gelas kimia yang berisi air
7.      Panaskan air di atas tripod hingga mendidih. Gantilah alcohol bila sudah berwarna hijau (lakukanlah kerja ini sampai daun tidak berwarna hijau lagi)
8.      Angkatlah daun dengan pinset, kemudian letakkan di atas cawan petri. Tetesilah dengan larutan yodium dan amatilah perubahan warna yang terjadi



















BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

1.      Hasil percobaan Ingenhousz (membuktikan fotosintesis menghasilkan oksigen)
Perangkat
Perlakuan Percobaan
Suhu
Gelembung gas
Keterangan
Awal
Setelah 10'
I
Cahaya langsung
18°C
32°C
++
Banyak
II
Cahaya tidak langsung
18°C
28°C
+
Sedikit







Pembahasan.
Percobaan Ingenhousz adalah salah satu percobaan untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan gas oksigen (O2). Gas oksigen terbentuk karena adanya fotolisis, yaitu proses air diuraikan menjadi gas oksigen yang akan muncul dalam bentuk gelembung-gelembung gas.
Proses ini dapat dilihat melalui reaksi kimia berikut :
2H2O → 4H+ + O2                
Pada percobaan I, Gelas piala yang berisi Hydrilla verticillata dan air yang ditutup dengan corong kaca dan tabung reaksi kemudian dirangkai dengan kawat sedemikian rupa. Pada percobaan ini gelas piala diletakkan di tempat yang terkena langsung cahaya matahari. Percobaan menghasilkan gelembung gas yang banyak. Hal ini disebabkan oleh adanya CO2 yang sudah terlarut dalam air ditambah energi dari cahaya matahari yang berperan dalam proses fotosintesis.
Pada percobaan II, Gelas piala yang telah dirangkai seperti percobaan I diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari. Percobaan ini menghasilkan gelembung gas dalam jumlah yang sedikit. Hal ini disebabkan oleh proses fotosintesis yang membutuhkan cahaya matahari sebagai energi tidak terpenuhi karena diletakkan di tempat teduh sehingga proses fotosintesis tidak berlangsung dengan optimal.
Pada percobaan I dan II gelembung udara yang dihasilkan terkumpul di dasar tabung reaksi yang diletakkan terbalik. Sehingga pada bagian dasar tabung reaksi terbentuk rongga udara.

2.      Percobaan Sachs (membuktikan fotosintesis menghasilkan karbohidrat)
Hasil Uji lugol
Keterangan
Daun yang tertutup
daun tidak tertutup
Daun berwarna putih pucat
Daun berwarna biru kehitaman
  
Pada percobaan ini daun yang sabagiannya ditutup dengan kertas timah dipanaskan dengan air panas hingga layu dengan tujuan mematikan klorofil. Setelah itu daun dimasukkan ke dalam tabung reaksi yang berisi alkohol untuk melarutkan klorofil. Kemudian ditetesi degan lugol (larutan yodium) untuk membuktikan fotosintesis menghasilkan amilum.
Pada bagian daun yang tertutup kertas timah setelah ditetesi lugol akan berwarna putih pucat. Sedangkan bagian daun yang tidak tertutup kertas timah berwarna biru kehitaman. Bagian daun yang berwarna biru kehitaman membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum, sedangkan yang berwarna putih pucat tidak menghasilkan amilum. Pada percobaan ini dibuktikan bahwa daun yang memiliki klorofil danterkena cahaya matahari yang mampu melakukan fotosintesis dan menghasilkan amilum (karbohidrat).



















DAFTAR PUSTAKA





 disusun oleh kelompok 3 XII MIA 1 SMAN 10 Padang TP 2015/2016




Tidak ada komentar:

Posting Komentar