Sabtu, 07 Maret 2015

Drama recycle

                                                                      
MENABUNG DARI KITA UNTUK KITA             
Tema :  Jangan Biarkan Kami Terbuang !


        Kelas                           :   VIII.1
        Kelompok                   :  
        Anggota kelompok     :

          1.   Causa Prima Qodrati
          2.   Eka Rahmi Amri
          3.   Ghina Faridah
          4.   Handika Rahmat Febrian
          5.   Meutia Savitri
          6.   Misbhatul Laily     
          7.   Rhiyan Eka Putra
          8.   Rofifa Rahadatal Aisy


MTsN MODEL PADANG
TP 2011/2012


                       

                            Tokoh dalam Drama


   1.  CAUSA PRIMA QODRATI
         sebagai   :     Maya
         watak      :     Sombong, suka mengejek orang lain, tidak mau tahu dengan sekitar.                       
   2.   EKA RAHMI AMRI
          sebagai   :     Shila
          watak      :     Sangat setia kawan, tidak suka bila temannya diejek, suka bawa nasi                         dari rumah.


   3.   GHINA FARIDAH
         sebagai    :     Karin
         watak       :     Sangat setia kawan, tidak suka bila temannya diejek, pakai kacamata                        tebal.

  
   4.   HANDIKA RAHMAT FEBRIAN
          sebagai   :     Pak Drajat
          watak      :    Arif dan Bijaksana.

   5.    MEUTIA SAVITRI
          sebagai    :     Fitri
          watak       :     Baik hati, tidak suka melawan bila dicemooh orang lain, sangat                                    mengerti tentang lingkungan.

   6.   MISBHATUL LAILY
          sebagai    :     Riri
          watak       :     Sombong, suka membawa kipas kemana-mana.

   7.   RHIYAN EKA PUTRA
          sebagai    :    Pak Budi.
          watak       :     Sayang kepada anaknya, mudah terharu.

   8.   ROFIFA RAHADATAL AISY
          sebagai    :     Iren
          watak       :    Sombong, suka main HP, suka membuang sampah sembarangan.         


        Dipagi hari, di hari pertama siswa memasuki sekolah baru mereka . Terlihat anak-anak yang memakai peralatan serba baru terkecuali Fitri . Tampak Iren, Riri dan Maya memandang sinis kepada Fitri . Mereka membicarakan tentang tas Fitri yang bolong .
Maya  :   “Eh, akhirnya kita sekelas juga yah .”
Riri      :   “Iya . Kayaknya anak-anak disini asyik juga .”
Fitri     :    (masuk kekelas dengan wajah ceria)
Iren     :   “Eh eh liat tuh . Anak yang baru masuk tadi .”
Riri      :    (melirik penasaran Fitri) “Eh iya . Kenapa ?”
Iren     :    (melirik Fitri sinis) “Liat tuh tasnya . Udah bolong begitu masih aja dipakai .”
Maya  :    (memandang remeh) “Oh yang itu . Haha, gak ada uang buat beli kali yaa ?”
IMR     :    (tertawa mengejek kearah Fitri) “Hahahahhahaaaa“

        Shila dan Karin yang melihat seorang anak tengah murung pun mendekatinya . Shila dan Karin memperkenalkan diri mereka dan ingin menjadi teman Fitri . Mereka pun menghibur Fitri .
Karin   :     (berbisik dan menunjuk Fitri ) “Eh, Shila . Liat gak anak yang disebelah sana .”
Shila    :   “Oh yang itu . Eh kok hari pertama sekolah udah murung ya ?”
Karin   :   “Hmm . Samperin yuk ?”
Shila    :   “Ayuk .” (datang dan menemui Fitri)
Shila    :   “Hai teman . Sendiri aja .”
Fitri     :    (murung) “Hmm, iya .”
Karin   :    (bersalaman) “Kenalin . Nama aku Karin .”
Shila    :    (bersalaman) “Aku Shila . kamu siapa “
Fitri     :    (tersenyum kecil) “Iya, aku Fitri . Senang bertemu kalian .”  
Karin   :   “Iya . Oh iya kenapa kamu murung ?”
Fitri     :    (wajah sedih dan menunduk) “Hmm ..”
Shila    :   “Udah . Cerita aja .”
Fitri     :   “Sebenarnya aku senang sama hari pertama sekolah . Tapi mereka itu (menunjuk
                  IMR) menertawakan tas ku .”
Karin   :   “Huh . Dasar mereka ! Gak salah dari kemaren kita curiga ya Shila ?”
Shila    :   “Emang ! Mentang-mentang dia anak orang kaya . Liat aja nanti kita balas !”
Fitri     :   “Eh jangan . Biarin aja mereka . Mungkin mereka punya niat baik .”
Karin   :   “Yasudahlah kalau itu mau mu . Yang penting kamu jangan sedih lagi ya ?”
Fitri     :   “Iya makasih ya Karin, Shila .”
Shila    :   “Iya Fit . Yuk Karin, kita duduk disebelah Fitri . Boleh kan Fit ?”
Fitri     :   “Boleh .”

        Beberapa saat kemudian, bel masuk pun berbunyi . Guru PLH sekaligus walikelas mereka yang bernama Pak Drajat pun masuk kekelas . Walaupun Pak Drajat sedang berbicara, namun Iren, Maya, dan Riri tidak mendengarkannya .
Pak Drajat :   “Assalamualaikum anak-anak”
Anak2        :   “Waalaikumusslam wr.wb“


Pak Drajat :   “Senang sekali bertemu dengan anak-anak bapak dihari pertama ini . Tentunya
                        anak-anak sekalian belum kenal dengan bapak . Baiklah nama bapak Drajat
                         Sukardi . Biasa dipanggil Pak Drajat .”
Riri             :    (memandang lucu Iren) “Hah ? Drajat ?”
Maya         :    (sedikit tertawa) “Maksudnya drajat celcius gitu ?”
Iren            :   “Iuuuww ..”
IMR            :   “KAMSEUPAYY !! Hahahaha” (menertawai Pak Drajat)
Pak Drajat :    (memukul mejja) “Hey kalian ! Ada apa tertawa ? Ada yang lucu ?”
Karin          :   “Ih gak sopan banget . Masak ketawain bapak .”
Iren            :    (berbisik) “Diam kamu ! Gak ada pak .”
Pak Drajat :    (sedikit jengkel) “Baiklah . Sekarang bapak minta murid bapak
                         memperkenalkan diri satu-satu . Dimulai dari sebelah kiri .”
Shila           :    (berdiri) nama saya Shila Nur Fadhilah . Panggilan saya Shila . Saya berasal dari
                         SDN 16 kampung rambutan .”
Iren            :   “Ahahaa dasar kampung . Wong deso (tertawa)”
IMR            :   “Hahaha .”
Fitri            :    (berdiri) “Nama saya Fitri Susilawati . Panggilan saya Fitri . Sekolah asal saya
                         SDN 09 Sawahan .”
Maya         :   “Jiah . Kalo yang ini buat yang jadi petani kali ya ?”
IMR            :   “Hahahahhahaa .“
Karin          :    (berdiri) “Saya Raisa Karina . Panggilan saya Karin . Saya berasal dari SDN 18
                         Balik Gunung .”
Riri             :   “Masa sekolah balik gunung ? Haha ngapain ?”
IMR            :   “Hahhahahahaaa .”
Iren            :    (berdiri dengan sombong) “Teman-teman . Saya Lady Irene Spancer Putri
                         Susilo Bambang Yudhoyono . Kalian semua harus tau Pak SBY itu papa saya .
                         Saya dari SD Menteng di Jakarta . Saya sekolah di Padang ini karna mama saya
                         ada study tour disini . Dan dulu saya pernah tinggal di Trans Luxury Hotel tapi
                         saya …”
Pak Drajat :   “Sudah, sudah ! Lanjut kamu .”
Riri             :    (berdiri dengan angkuh) “Nama saya Tri Ajeng Riri Kusumadiningrat  . Saya
                        dari SD Pool Makmur di Bandung . Saya cucu dari Sultan Hamengkubuwono ke
                        XII dan saya keturunan darah biru . Sekian”
Maya         :    (berdiri dengan cemooh) “Nama saya Maya Pristi Einstein . Saya berasal dari
                        SD Bhayangkari di Aceh . Dulu saya tinggal di Inggris . Nenek moyang saya kan
                        Albert Einstein .”
Pak Drajat :  “Baiklah ada yang ingin ditanyakan ?”
Fitri            :   “PLH itu apa pak ?”
Pak Drajat :   “PLH itu singkatan dari Pendidikan Lingkungan Hidup . Dipelajaran kali ini                         seluruhnya kita akan membahas tentang lingkungan . perlu kalian ketahui kalau                     sekolah  kita ini adalah sekolah adiwiyata mandiri. Jadi kalian harus                         mengerti tentang adiwiyata, visi misi sekolah dan juga berbagai aspek tentang                      lingkungan, kalian harus banyak        membaca buku mengenai hal itu. Paham?”
IRM             : (memandang Pak Drajat denga muka malas)
FSK               : “Paham, pak”
         Teeeeeet . Bel istirahat pun berbunyi .
Pak Drajat :   “Sayang sekali anak-anak . Bel Istirahat telah berbunyi . Bapak akhiri
                         Assalamualaikum wr.wb .”
Anak2        :   “Waalaikumussalam wr.wb .”

          Jam istirahat pun berlangsung . Iren, Maya, dan Riri pergi berbelanja di kantin sekolah . Saat mereka kembali dari kantin, mereka melihat Fitri, Shila, dan Karin sedang makan bersama di taman .
Maya   :   “Hey anak kampung . Lagi makan apa ?”
Iren      :    (melihat sinis) “Emm, makan makanan kampung . Makanya beli dong makanan
                   kota kayak kita-kita .”
Riri       :    (memanas-manasi) “Uh pasti mahal dong .”
Karin    :    (jengkel) “Bisa gak sih ngomongnya biasa aja !”
Fitri      :   “Sudah sabar Karin . Kalian jangan sering-sering beli makanan instan kayak gini
                   nanti kalian bisa sakit . Trus sampahnya ini kan bisa mencemari lingkungan .”
Riri       :   “Sampah ? Peduli kita . Yuk cabut kita makan disana aja .”
IM        :   “Yuk .”

         Iren, Maya dan Riri duduk ditaman . Setelah Fitri, Karin dan Shila selesai makan, mereka pun pergi ke kelas . Namun Iren, Maya dan Riri berniat mencelakai Fitri .
Riri       :   “Eh eh anak kampung get out tuh .”
Iren      :   “Kerjain yuk . Liat ini ya (membuang kulit pisang di dekat kaki Fitri)”
Fitri      :   (terpeleset) “Aduuuh .”
IMR      :   (tertawa lalu pura-pura tidak tau)
Shila     :   “Baik-baik Fit .”
Karin    :   “Eh, kenapa ?”
Fitri      :    (mengambil kulit pisang dikakinya) “Ada yang membuang kulit pisang
                   sembarangan . Padahal ini kan bisa jadi kompos .”
Shila     :   “Gimana caranya, Fit ?”
Fitri       :   “Nanti kapan-kapan aku tunjukin ke kalian . Kulit pisang ini kita simpan dulu .”
Maya    :   “Dasar anak kampung , jorok lagi . Sampah masih aja disimpan .”
Riri        :   “Udah cabut kekelas yuk . Ntar ketauan lagi . (bergegas menuju kelas)”

            Fitri, shila dan Karin memasuki kelas. Mereka berpapasan dengan Iren, Maya dan Riri.
Iren      :   “eh, lihat tuh, anak sawah ngebawa-bawa sampah kulit pisang, ieeuhh, g higienis            banget sih tuh orang”.
Maya   :   “Ih,, iya. Mana megangnya pake tangan lagi. Jorok banget”.
Shila    :   “eh, kalian tu jangan asal ngomong yah, kalian itu yang jorok”.
Riri      :   “sembarangan kamu,, atas dasar apa kamu bilang kita-kita ni jorok hah?”
Shila    :   “jangan sok lupa deh, kamu kan yang ngebuang sampah pisang ini sampai Fitri jatuh        kan?”.
Iren      :  “jangan asal tuduh yah,”
Fitri      :  “udah teman-teman, jangan  berantem kayak gini. Kalian kan tau, kita harus                     membuang sampah pada tempatnya, nanti kalau sekolah kita nggak menang                   adiwiyata gara-gara kalian gimana?, inini kan seharusnya di buang di…..”
Riri      : “eh, jangan banyak ngomong deh  kamu, sok tau banget deh ah” (memotong omongan                fitri)
Maya   :  “udah ah temen-temen, ngapain lama-lama ngomong ama anak kampong kayak              mereka, ayo cabut”.
Karin    :  “eh, jaga tuh mulut yah”. (mengacungkan kepalannya kepada Maya)
IMR     :  (mencibir sambil berlalu)
Fitri      :  “udahlah Karin,, nambah-nambah dosa aja ngomong ama mereka”.

            Saat jam pulang berbunyi.
Karin    :  “fit, kamu kok cepet pulang sih, nggak mau main ama kita dulu?”
Shila    :  “iya fit, kami rencananya mau main bareng, kamu mau ikutan?”
Fitri      :  “ maaf teman-teman, aku pengen ngebantuin ayah aku kerja di rumah”
Shila    :  “oh, ya deh, nggak papah”
Fitri      :  “bye, teman-teman”
Shila & Karin : “byee”

            Sesampainya Fitri di rumah.

Fitri         :  “Assalamu’alaikum, ayah, aku pulang” (membuka pintu dengan lesu)
Pak Budi :  “ wa’alaikum salam, kamu dah pulang nak, kok lesu gitu?”
Fitri         :  “yah, aku boleh nggak minta tas baru, soalnya tadi ada temen aku di sekolah yang             ngetawain tas aku yah”
Pak Budi :  “maaf nak, ayah nggak punya uang untuk beli tas kamu”
Fitri         :  “hmmm, ayah,, aku boleh nggak minta barang-barang bekas ayah? Dikiiit aja”                  (dengan nada memelas)
Pak Budi :  “boleh nak, ambil aja dibelakang, tapi,,. Emangnya buat apa sama kamu?”
Fitri         :  “aku mau bikin tas sendiri yah” (dengan nada riang)
Pak Budi :  “waah, hebat anak ayah. Tapi maaf ya,, ayah sibuk jadi nggak bisa ngebantuin kamu”
Fitri         :  “ya,, gapapa kok yah”

            Fitri membuat tas barunya dengan barang bekas pada malam harinya dan keesokan paginya..
Fitri      :  (berjalan dengan tas barunya, dengan sesekali melihat kearah IRM)
Iren      :  “eh, liat tuh, si anak kampung, ngebawa tas baru tuh, iuuh, tasnya jorok banget tuh”        (memandang sinis kearah Fitri)
Maya   :  “bener, iuuh, nggak bisa beli yang lain apa, kayak kita-kita gini, ya nggak?”
Riri      :  “yoaa, bener banget tuh”
Fitri      :  (duduk di kursi) “hai shila, hai Karin” (dengan nada lesu)
Karin    :  “waah, Fit, tas kamu bagus banget. Kamu beli dimana?”
Fitri      :  “Ini nggak aku beli kok rin, ini aku buat dari bahan-bahan ayah aku”
Shila    :  “wew, kamu hebat banget, aku aja nggak ngerti gimana cara ngebuatnya”
Fitri      :  “Hehe, deh aku ajarin”
Karin    :  “Tapi, kok waktu pas masuk kelas tadi, kok kamu murung sih?”
Fitri      :  “ya abisnya Iren, Riri dan maya tu keliatannya ngomongin tas aku lagi”
Shila    :  “iihh, dasar tu anak, nggak ada habis-habisnya ya ngejek orang lain”
Karin    :  “bener tuh shil, ini nggak bisa dibiarin lagi”
Fitri      :  “udah lah teman-teman, aku nggak papa kok”
Karin    :  “ya deh Fit, kamu tu baik banget yah”
Shila    :  “iya bener, kita beruntung deh punya teman kayak kamu, ya nggak Rin?”
Karin    :  “ iya, bener banget”
Fitri      :  “makasih ya teman-teman, aku juga beruntung kok punya teman kayak kalian”                             (tersenyum bahagia).
SK        :  “ya, sama-sama..”

            Bel masuk pun berbunyi.
Pak Drajat :  “assalamualaikum, anak-anak..”
Anak2         :  “waalaikumsalam pak”
Pak Drajat :   “anak2, kali ini kita akan belajar tentang recyle, yaitu pengolahan sampah. Nah,        sekarang bapak mau tanya, siapa yang sudah melaksanakan recyle?
Karin          :  “fitri paak”
Pak Drajat :  “wah, bagus, apa yang sudah kamu recyle fitri? Tas kamu?” (melihat kearah tas        Fitri)
Fitri            :  “iya pak”.
Pak Drajat  :  “ayo bawa ke depan”
Fitri            :  “baik pak” (membawa tasnya ke depan)
Pak Drajat  :  “wah, bagus ini, nah anak2 kalian bapak tugaskan untuk membuat produk daur           ulang dari sampah plastik, dikumpul 2 minggu lagi. Apakah kalian mengerti?”
Anak2        :  “mengerti pak.”

                  Saat bel istirahat berbunyi.
Karin    :  “Fitri, Shila, makan bareng di taman lagi yuk!”
FS         :  “ayuk!”

            Saat Fitri, Shila dan Karin pergi makan ke taman.
Maya   :  “iih, ntu anak kampuung nyari perhatian guru melulu sih”
Riri      :  “tau tuh, sebel tau ngeliatnya”
Iren      :  “gimana kalau kita kerjain tu anak, kita masukin sampah ke tas sampah dia yang bau       itu, gimana??”
Maya   :  “wah, ide bagus tuh,,”
Riri      :  “ayo cepetan, ntar keburu masuk ntuh anak”
Iren      :  “ok, let’s check it out”

            Iren, Riri dan Maya pun melaksanakan ide jahat mereka lalu kembali ke tempat duduk dengan segera. Sementara itu, Fitri, shila dan Karin pun memasuki kelas dan duduk di tempat duduk mereka.
IRM     :  (cekikikan menahan tawa)
SK        :  (menatap curiga kearah IRM)
Karin    :  “Fitri, tas kamu kok gembung  gitu?”
Shila    :  “iya, perasaan tadi nggak kayak gitu deh”
Fitri      :  “hmm. Yasih, knpa ya?” (ngebuka tasnya)
Karin    :  “fitri, di tas kamu kok ada sampah gitu, siapa yang masukin?”
Fitri      :  “aku juga kurang tau rin, kok bisa ada yah”
Shila    :  “ini pasti ulah anak-anak sombong itu lagi, kita haruss ngasih mereka pelajaran!”
Karin    :  “iya, nggak salah lagi, tadi aku juga ngeliat mereka ketawa cekikikan gitu, kita harus         balas mereka”
Fitri      :  “udah lah teman-teman, lgipula bagus kok soalnya aku bisa ngasih ini ke ayah aku, kan                lumayan bisa dijual”
Karin    :  “ya juga sih, lagian kita nggak punya bukti yang kuat tentang itu.’’
Shila    :  “hmm iya ya”
           
            Saat bel pulang sekolah berbunyi.
Fitri      :  “Karin, Shila. Aku pulang duluan ya”.
Karin    :  “eh Fit, tugas PLH kita gimana?”
Shila    :  “iya, aku nggak ngerti gimana buatnya”
Karin    :  “aku juga. Dimana kalau di rumah kamu aja Fit?”
Fitri      :  “boleh, kalian maunya kapan?”
Karin    :  “gimana kalau hari ini?”
Shila    :  “boleh juga, aku bisa, klo kamu Fit?”
Fitri      :  “aku sih bisa-bisa aja, ayo ikut pulang ke rumah”
KS        :  “yuk”

            Sesampainya di rumah Fitri.
Fitri          :  (membuka pintu) “assalamualaikum, ayah aku pulang”
Pak Budi  :  “ya nak, eh kamu bawa teman? Ada acara apa?”
Fitri          :  “ini Yah, aku ada tugas kelompok untuk membuat sesuatu dari barang-barang                   bekas, barangnya boleh kan aku minta barang-barang bekas ayah?”
Pak Budi  :  “boleh nak, mau Ayah bantu?”
Fitri          :  “boleh yah? Makasih ayah”
KS            :  “makasih pak”
Pak Budi  :  “ya sama-sama”

            Fitri, Shila dan Karin dengan dibantu Pak Budi pun membuat karya mereka. Setelah hari mulai menjelang sore, Karin dan Fitri pun pulang ke rumah mereka.
Karin    :  “Fit, kayaknya hari dah sore deh, aku pulang dulu ya”
Shila    :  “iya, kami pulang dulu Pak Budi, Fitri..”
Pak Budi :  “iya,, kapan2 mampir lagi ya”
Karin    :  “iya sip pak, bye Fit..”
Fitri      :  “byee”

            Saat malam harinya, Fitri membuat sebuah puisi tentang lingkungan, tentang teman-teman sekolahnya. Semua perasaannya tertuang di puisi tersebut. Ayahnya melihat puisi yang dibuat anaknya. Pak Budi terharu dengan puisi yang dibuat oleh Fitri. Dan Oleh pak Budi puisi tersebut diserahkan kepada Pak Drajat pada keesokan harinya.

            Pak Budi memasuki ruangan pak Drajat.
Pak Budi          :  (mengetuk Pintu) “Assalamualaikum”
Pak Drajat       :  “ya, silahkan masuk”
Pak Budi          :  “selamat siang Pak.. “
Pak Drajat       :  “ya, selamat siang.. silahkan duduk, ada keperluan apa ya pak?”
Pak Budi          :  (duduk) “saya ayahnya Fitri pak, saya ingin memberikan puisi karya anak saya                  kepada bapak, karena saya dengar2 sekolah ini mengikuti lomba adiwiyata                          saya harap bapak bisa menerima puisi ini”
Pak Drajat       :  “saya dengan senang hati Pak, terima kasih sudah berpartispasi dalam lomba                  ini Pak”
                                        
            2 minggu pun berlalu tibalah saatnya pengumpulan tugas PLH. Tugas Fitri, Karin dan Shila sudah selesai. Sedangkan Iren, Riri dan Maya sama sekali belum menyelesaikannya.
Di pagi hari.
Karin    :  “hai, Fitri,.. yang kamu bawa itu tugas kita?” (menunjuk bungkusan yang dibawa Fitri)
Fitri      :  “hai,, iya ini tugas kita” (memperlihatkan bungkusan tersebut)
Shila    :  “kok ada dua?” (melihat isi bungkusan tersebut)
Fitri      :  “satu untuk kelompok kita, satu lagi untuk kelompok Iren, Maya dan Riri”
Karin    :  “loh, kok kamu buatin punya mereka sih?,, mereka kan selalu jahat sama kamu”
Shila    :  “iya, kok kamu mau2 aja sih?”
Fitri      :  “aku kasihan ama mereka, kalau nilai mereka jelek kan kasihan. Lagipula aku dah             maafin mereka kok, kan nggak salah membalas kejahatan dengan kebaikan”
Shila    :  “iya juga sih, kamu baik banget ya Fit”
Fitri      :  “heheh, nggak juga kok”

            Sementara di lain pihak.
Maya   :  “Ren, tugas PLH kita gimana nih, aku lupa ngebuatnya”
Iren      :  “aku juga,, haduh gimana nih”
Riri      :  “yam mau gimana juga lagi, doain ajalah bapak tu nggak tiba”
MI        :  “amiin”

            Akan tetapi doa IRM tidak terkabul, saat bel berbunyi, Pak Drajat pun masuk.
Pak Drajat  :  “assalamualaikum anak2”
Anak2          :  “waalaikum salam pak”
Pak Drajat  :  “baiklah, pagi ini bapak punya pegumuman penting untuk kalian. Teman kalian,                 Fitri memenangkan lomba puisi adiwiyata di sekolah kita, ayoo beri tepuk                                tangan”
Fitri             :  “tapi kan pak, seingat saya, saya belum pernah ngasih puisi apapun ke bapak”
Pak Drajat :  “ya, kamu memang tidak memberikan puisi apapun kepada bapak, tapi ayah kamu                       beberapa waktu yang lalu memberikan puisi yang kamu buat kepada bapak”
Fitri            :  “wah, terima kasih Pak”
Pak Drajat :  “jangan berterima kasih kepada bapak, berterima kasihlah kepada ayah kamu”
Fitri             :  “ya pak, saya akan berterima kasih nanti di rumah”
Karin           :  “wah, fitri, selamat ya”
Shila           :  “selamat ya Fit”
Fitri             :  “Iya, makasih ya teman2”
Iren             :  “liat tuh, si anak kampong segitu aja udah bangga”
Maya          :  “iya tuh, dasar kamseupay”
Riri             :  “kalau bukan karna bapaknya yang nganter tuh puisi pasti dy nggak bakalan                       menang, menang kayak gitu aja bangganya udah selangit”
Iren            :  “apa namanya teman2? 1 2 3…”
IRM           :  “KATROK!!”
Karin          :  “eh, santai aja kali, kalian tuh yang katrok”
Shila          :  “tau tuh, iri banget deh ngeliat Fitri yang menang, inget yaa, iri tanda tak mampu”
Pak Drajat  :  “sudah, sudah ini ngapain pake ribut sihh, sekarang bapak mau nilai tugas kalian                          yang 2 minggu lalu bapak suruh, cepat keluarkan”


            Semua murid mengeluarkan tugas mereka kecuali Iren, Maya dan Riri. Pak Drajat menghampiri kelompok Fitri.
Pak Drajat  :  “wow, punya kalian bagus sekali”
Fitri              :  “terima kasih pak”
Pak Drajat  :  “loh, yang satu lagi ini punya siapa?”
Fitri             :  “ini punya kelompok Iren pak” (mengedipkan mata pada Iren)
Pak Drajat  :  “ini punya kelompok kamu Iren? Punya kamu bagus juga ya”
Iren             :  “I, I, iya pak” (terkejut)
Pak Drajat  :  “pnya kalian berdua sangat bagus, bapak beri nilai A”
FKS              :  “terima kasih pak”

            Saat jam Istirahat, Iren, Maya dan Riri menyadari perbuatan mereka. Mereka selama ini telah jahat kepada Fitri. Sedangkan Fitri baik sekali kepada mereka. Maka mereka pun meminta maaf kepada Fitri.
Iren      :  “May, Ri, kayaknya kita dah keterlaluan deh ama Fitri, padahal Fitri baik banget ama kita”
Riri      :  “iya, aku nggak nyangka, Fitri ternyata membalas perbuatan kita dengan kebaikan”
Maya   :  “iya, aku jadi nyesel banget dah jahat ama dia”
Iren      :  “sekarang kita minta maaf aja yuk”
MR      :  “yuk”

Iren      :  “Fitri, kami minta maaf ya atas semua perbuatan kami sama kamu, dan sama kamu        juga, Shila, Karin
Maya   :  “maafin kami ya, kami ngaku salah”
Riri      :  “iya, kami janji nggak bakalan ngulanginya lagi”
Fitri      :  “iya, aku dah maafin kalian kok”
Maya   :  “kalau kalian Shila? Karin?”
Shila    :  “aku udh maafin kok”
Karin    :  “iya, aku juga”
Iren      :  “makasih ya, kalian mau kan jadi teman kami?”
FSK       :  “tentu aja mau”


        Mereka pun akhirnya menjadi sahabat yang tidak dapat terpisahkan. Pesan moral yang terkandung dalam cerita ini yaitu “balaslah kejahatan dengan kebaikan maka itu akan membuat awal yang baik”…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar