Selasa, 17 Maret 2015

Drama "Sahabat - Penghapus Luka, Pewarna Dunia"

Drama ini diperankan oleh
1. Meutia Savitri sebagai Sofia
2. M. Ficky Ramadhan sebagai Rama
3. M. Raihan Braja Gitawama sebagai Pak Kepsek
4. M. Zaki Raihan sebagai Daniel
5. Multazam Fahreza Chandra sebagai Azzam
6. Raisa Widya Putri sebagai Ara



Pagi ini adalah pagi pertama siswa baru SMA Taruna Jaya menapakkan kaki mereka sebagai siswa di sekolah ini. Pagi ini mereka akan mendapatkan pengarahan oleh kepala sekolah. Azzam, Sofia dan Ara tampak bersemangat sekali masuk sekolah ini. Meskipun mereka tergolong anak yang kehidupan ekonomi nya menengah ke bawah tapi itu tidak mematikan semangat mereka untuk bersekolah di SMA favorit ini. Lain hal nya dengan Daniel dan Rama yang merupakan anak dari donatur utama sekolah. Mereka tampak bermalas malasan dan menganggap sekolah itu adalah sekolah mereka.

Pak Kepsek : “assalamualaikum wr.wb.”
Siswa : “waaikum salam wr.wb”
Pak kepsek: “puji syukur saya berikan pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di SMA Taruna Jaya yang kita cintai ini. Selamat pagi anak anak. Saya selaku kepala sekolah mengucapkan selamat kepada para siswa baru karena telah menjadi bagian dari SMA Taruna Jaya setelah melewati berbagai tes yang ketat. Bapak harap kalian bisa mengharumkan nama baik sekolah ini dan menaati setiap tata tertib sekolah. Sekian pengarahan dari bapak. Setelah ini kalian boleh kembali ke kelas masing masing. Assalamualaikum wr.wb

Usai pengarahan di aula, siswa kembali ke kelasnya masing masing.
Sofia:  “Gak nyangka kita bisa masuk lokal unggul.”
Ara :  “Hahaha iya, Alhamdulillah.”
Sofia :  “Eeh, kita duduk di sebelah sana yuk? Sepertinya strategis tuh (menunjuk ke arah meja di depan Danieldan Rama).”
Ara :  “Iya juga yaa, pas kena AC. Hehehehehe.” (berjalan ke arah tempat duduk tersebut)
Daniel :  “Eh, lo ngapain? Mau duduk disini?” (menendang kursi depan)
Ara :  “Iya, emangnya kenapa? Gak boleh?”
Daniel :  “Atas dasar apa lo duduk disini? Rakjel kayak lo gak pantas duduk disini, gak level banget.”
Rama : “bener. Mending lo semua out dari sini. Pindah duduk sana!”
Sofia :  “Apa hak lo ngatur – ngatur kita haa?”
Daniel :  “Lo gak tau ya? Dana sekolah ini semuanya berasal dari bokap gue!”
Ara :  “Ya terus apa hubungannya?”
Rama : “ya jelas ada hubungannya dong. Masa kami deket deket sama kalian. Gak level banget.”
Sofia : “jaga mulut lo itu ya!”
Ara :   “udahlah, dari pada ribut disini, mendingan kita pindah aja yuk? Malas dekat orang sombong seperti dia itu.” (menarik tangan Sofia pergi)
Sofia : “awas aja lo” (menatap sinis Rama dan Daniel sebelum pergi)

3 jam mengikuti pelajaran, bel istirahat pun berbunyi.
KRIIIINGGG!
Ara : ”Ke kantin yuk?”
Sofia :  “Yuk. Eeh Azzam lo sejak masuk kelas diam aja, gak mau ikut kami ke kantin? Sekalian liat – liat sekolah?”
Azzam : “Eh iya tunggu bentar, lagi nanggung tinggal sedikit lagi.”
Ara : “yaudah deh, kami tungguin aja”
Sofia : “Zam, lo tau gak, Rama sama daniel yang duduk depan lo ini. Sumpah gue kesel banget  sama tu orang. Sombong banget, masa ya tadi gue sama Nisa mau duduk di kursi depan dia larang.”
Ara : “udahlah Fi, jangan sebut sebut lagi. Tambah bikin kesel aja”
Azzam : “bener Fi, orang kayak gitu ga perlu diladenin. Gue dah selesia nih. Cabut yuk”
Sofia : “yadeh iya. Yuk”
Mereka bertiga berjalan ke kantin sekolah. Tiba tiba...
Sofia : “Mau makan apa nih?”
Ara : “Gue lagi gak laper, mau beli minuman aja. Eeh zam, lo gak lapar?”
Azam : “gak, gue beli minuman aja, lagi gak lapar juga.”
Rama : “Aw!” (bertabrakan dengan Azzam)
Azam : “Aduh!”
Rama : “Heh. Lo punya mata gak sih. Nih liat minuman gue jadi tumpah dan kena sweater baru gue. Lo ganti gak ni sweater!”
Azam : “maaf tapi Gak. Gue gak mau ganti. Lagian lo juga gak liat liat pas jalan”
Rama : “Lo yang nggak punya mata, untung aja gue gak jatuh. Gue gak mau tau, lo harus ganti sweater gue.
Daniel : “haha, kenapa? Lo gak punya duit ya?”
Azzam : “gue gak salah. Ngapain harus gue ganti”
Meutia : “lo kenapa sih cari masalah mulu sama kita. Tadi kayaknya keduanya sama sama ga ngeliat ke depan pas jalan. Kenapa lo jadi lebay gini minta ganti itu sweater! Haha, percuma aja kaya tapi nyuci sweater basah doang gak bisa”
Rama : “heh. Ni sweater rusak tau kena tumpahan jus”
Sofia : “haha. Sweater murahan sih. Makanya cepat rusak”
Daniel : “berani bacot lo yah, berani lawan kita berdua”
Ara : “lo tu suka banget sih cari masalah. Masalah kecil kayak gini dibesar besarin. Mending kita pergi aja dari sini yuk Fi, Zam. Gak usah diladenin lagi ni orang. Permisi!” (menarik tangan Sofia)
Rama : ”Eeh, enak aja lo main pergi, masalah kita belum selesai. Emangnya lo yang punya jalan main pergi aja.
Sofia : “Justru gue yang nanya balik ke lo, jalan ni punya lo nggak? Gak kan”
Daniel :”Iya, karena kami yang berkuasa di sekolah ini.”
Pak kepsek : “Ada apa ini ribut – ribut?”
Daniel : “Itu pak, ni anak -  anak cari masalah sama kita.”
Sofia : “Eeh, yang ada lo yang nyari masalah sama kita.”
Daniel : “sewot banget sih lo”
Braja : “Sebenarnya ada apa ini? Bapak tidak mengerti.”
Rama :   “Jadi begini pak, mereka tidak memperhatikan jalan dan menabrak kami pak dan menumpahkan minuman milik saya.”
Azam : “Eeh, bukannya lo yang nabrak.” (menunjuk muka Azzam)
Rama : “Lo!”
Azam : “Lo!!”
Rama : “Lo!!!”
Azam : “Lo!!!!”
Pak Kepsek : “Cukup! Siapa yang melakukan ini semuanya?”
Azam dan Rama : “Lo!”(menjawab dengan serentak).
Braja : “Huft, pusing kepala bapak!”
Ara : “Sebenarnya begini pak, kan kan sedang jalan–jalan bertiga, eeh tau–tau Azzam sama Rama tabrakan dan jus nya Rama tumpah ke sweater dia. Dan dia ribut nyuruh Azzam ganti sweater nya. Padahal azzam udah minta maaf”
Pak Kepsek : “Oooh bapak mengerti (menoleh ke arah Daniel dan Rama). Kalian berdua! Ini peringatan pertama bagi kalian untuk tidak membuat keributan di sekolah. Disni semua siswa bapak perlakukan dengan adil.
Daniel dan Rama : iya pak.
Pak Kepsek : “baiklah. Kalian sekarang bubar.”
Daniel : “Iiih, gue muak banget liat kelompok mereka itu!” (berjalan menuju kelas)
Rama : “Iya, mereka sok banget.”
Daniel : “Kita harus mencari akal untuk membalas perbuatan yang telah mereka lakukan kepada kita. Tapi gimana caranya?”
Rama : “Hmmmmm…… A….ha! Gue ada ide!” (berbisik ke telinga Daniel).
Daniel : “Bagus tuh, ayo kita lakukan”

Sesampainya di kelas, mereka melaksanakan rencana mereka
Daniel : “Dompet gue hilang!” (merogoh kantong celananya).
Rama : “Serius lo? Dimana tadi lo simpan?”
Daniel : “gue inget banget tadi di tas. Sekarang udah gak ada”
Rama :  “Woii…. Teman – teman! Daniel kehilangan dompetnya nih. Ada yang lihat? Kalau gak, kami periksa tas kalian masing – masing” (sambil memeriksa tas sampai ke tas Azam).
Daniel : “Eeh, itu kan dompet gue, lo yang nyuri ya?”
Azam : “Gak lah, untuk apa gue nyuri uang lo?”
Daniel : “Secara Rakjel kan emang sering gak ada uang jajan, mereka aja bawa uang pas – pasan.”
Rama :  “Bener tuh, dasar pencuri. Baru masuk sekolah aja lo udah nyuri, kalau udah tamat mau jadi apa lo?”
Azam : “Astaghfirullahal’adziim (mengelus dada). Gue gak ada niat nyuri uang lo.”
Daniel : “Sok ngucap lo. Kalau gak ada ni buktinya apa?”
Azam :  “Serius, gue gak tau kenapa itu bisa disana”
Ara     : “Azam gak mungkin nyuri, kita kenal banget sama dia”
Sofia : “ ya gak mungkin!, pasti ada yg ngefitnah dia”

Mendengar ada keributan, Pak kepsek datang ke kelas mereka.
Pak Kepsek : “ada apa lagi ini ribut ribut?”
Daniel : “Azzam nyuri dompet saya pak, buktinya dompet saya ada di tas dia”
Rama : “benar pak. Saya saksi matanya”.
Pak Kepsek : “benar itu Azzam?”
Azzam : “saya tidak mencuri pak. Saya tidak tau kenapa bisa dompet itu berada di tas saya”
Pak Kepsek : “sudahlah Azzam. Kamu ikut ke ruangan saya sekarang”.
Azzam tertunduk lemas mengikuti Pak Kepsek ke ruangannya. Sedangkan Daniel dan Rama tersenyum menang.

Pak kepsek :”Duduk Azzam”.
Azzam : (duduk di kursi di depan Pak Kepsek)
Pak Kepsek : “saya percaya kamu tidak mencuri, namun semua bukti memberatkan kamu, maka saya harus memanggil orang tua kamu untuk membicarakan hal ini.
Azzam : “baik pak, saya permisi dulu” (tertunduk lesu dan keluar dari ruangan pak kepsek)
Frustasi karena harus dihukum akibat kesalah yang tidak pernah diperbuatnaya, Azzam pergi makan siang sendirian di kantin. Disana, dia kembali bertemu dengan Daniel dan Rama.
Azzam : “huft, Entah sampai kapan ketidak adilan ini terjadi” (menghela napas lelah dan menghempaskan tubuh di kursi kantin)

Dari kejauhan Daniel dan Rama melihat Azzam dan berniat mengganggunya.
Rama : “eh, liat tuh niel, si pencuri miskin. Gangguin yok”
Daniel : “ide bagus tuh”.
Mereka pun mendekati Azzam lalu duduk di sebelah Azzam.
Daniel : “liat nih Ram, si pencuri yang malang.  Kasian banget siihh” (memandang Azzam dengan tampang meremehkan)
Rama : “haha, emang pantes lo dapetin ini, tau rasa lo”.
Azzam : “udahlah, kalo kalian cuma pengen gangguin gue, mending pergi”.
Daniel : “wah wah wah, dah mulai belagu lo ya, jadi pencuri miskin aja dah berani sama kita”.
Azzam : “Gue bukan pencuri. Diem lo, kalau gak…”
Rama : “kalau kita gak diem kenapa? Lo berani lawan kami?” (mendorong bahu Azzam)
Azzam : “berisik!!” (berteriak lalu balik mendorong bahu Rama hingga tersungkur ke lantai)
Daniel :  (meninju Azzam hingga jatuh ke lantai) “mulai kurang ajar lo yah, kalo lo berani ngelawan kita berdua gue jamin lo bakal dapetin yang lebi parah dari ini”
Azzam : “jadi lo yg udah nge fitnah gue?”
Rama : (tersenyum sinis) “hah, lo polos atau bodoh sih!”
Daniel : “bodoh kali tu Ram haha”

Mendengar ribut ribut, Sofia dan Ara yang lewat terkejut melihat pemandangan di depan mereka.
Sofia : “Ra, itu Azzam diapain lagi tuh sama mereka, samperin cepat” (menarik tangan Ara)
Ara : “jangan dulu Fi, kita rekam pembicaraan mereka supaya kita bisa dapatin bukti Azzam ga bersalah” (mengeluarkan HP nya dan mereka pembicaraan mereka)

Sofia dan Ara terkejut atas apa yang mereka dengar. Setelah dirasa mendapat cukup bukti mereka menghampiri Azzam, Daniel dan Rama.
Sofia dan Ara: “Azzaaaamm” (berlari kearah Azzam dan memeganginya)
Sofia : “heh, lo apain temen gue? Belum puas juga lo ngebuat kami sengsara disini” (berdiri dan menunjuk wajah Rama dan Daniel).
Ara : “jadi lo yang udah fitnah Azzam!”
Daniel : “ha.ha.ha menurut lo!? Ya gak Ram?” (tertawa mengejek)
Rama : “hahaaha”
Sofia : “awas lo yaaaa..” (melayangkan tangan ingin mendorong Daniel)
Ara : “udah Sof, kaduin kepsek aja tuh orang. Toh kita dah punya buktinya, gue dan rekam semuanya” (Memperlihatkan HP nya)
Melihat hal itu Daniel merebut HP Ara dan lari
Daniel : “haha, dengan ini lo ga berbuat apa apa lagi” (berlari membawa HP Ara)
Rama : “haha, bego sih” (berlari menyusul Daniel)
Ara : “balikin HP gue”
Sofia : “jangan kabur lo!” (mengejar Rama dan Daniel)
Azzam : “awas lo!” (ikut mengejar)
Karena Daniel berlari sambil melihat ke belakang, Tak disengaja, Daniel terpeleset hingga membuat tubuhnya jatuh berguling ke lantai. Ia pun terjatuh dan pingsan. Saat itu, Pak Kepsek yang kebetulan lewat bergegas menghampiri Daniel.
Rama : “Daniiiieeell” (menolong Daniel)
Pak Kepsek : “ada apa ini? Daniel? Segera bantu bapak menganggkatnya ke rumah sakit”. (mengangkat Daniel)

Pak Kepsek, Rama dan Azzam membawa Daniel ke rumah sakit. Sofia dan Ara hanya bisa mengikuti mereka dalam diam. Sesampainya di rumah sakit, Daniel dinyatakan koma. Rama yang mengetahui hal itu hanya diam dan pergi. Keesokan harinya, Sofia dan Ara memberikan rekaman bukti kejahatan Rama dan Daniel kepada Pak Kepsek dan Azzam terbebas dari hukumannya.
Sofia, Ara dan Azzam : (mengetuk pintu ruang Kepsek) “assalamualaikum”
Pak Kepsek : “waalaikum salam. Masuk”
Sofia, Ara dan Azzam : (masuk)
Pak Kepsek : “ada apa kalian datang kemari? Azzam apakah kamu sudah memberitahukan kepada orang tua kamu untuk datang hari ini?”
Azzam : “saya tidak memberitahu orang tua saya pak, karena saya memiliki bukti bahwa saya tidak bersalah”
Sofia : “benar pak, sebelum Daniel kecelakaan, kami merekam pembicaraan mereka yang isinya mereka telah memfitnah Azzam”
Ara : “benar pak, ini dia rekamannya” (memperdengarkan rekaman pembicaraan tersebut dari HP nya)
Pak Kepsek : “baiklah kalau begitu, saya akan memproses Rama dan juga Daniel saat dia sembuh nanti:
Azzam : “jangan hukum mereka pak, saya sudah memaafkan kesalahan mereka. Semoga setelah kejahatan dibalas dengan kebaikan ini mereka menjadi siswa yang baik”
Pak Kepsek : “saya salut kepada mu Azzam, tapi saya harus tetap memanggil Rama untuk menasihati nya untuk tidak memfitnah orang lain”
Sofia : “baiklah Pak, kalau begitu kami permisi dulu”.
Pak Kepsek : “baiklah”
Sofia, Ara dan Azzam : “assalamualaikum”
Pak Kepsek : “waalaikum salam”.
Beberapa hari kemudian.
Rama : “hai” (menyapa dengan nada bersalah)
Sofia : “ngapain lagi lo? Mau gangguin kita?
Rama : “bukan. Gue Cuma mau minta maaf, maaf kalo selama ini kami selalu gangguin kalian”
Ara, Azzam dan Sofia : ( terdiam dan memandang satu sama lain lalu tersenyum)
Ara : “kalian udah kami maafin kok”.
Sofia : “iya, kami maafin”
Azzam : “gue juga dah lupa sama semuanya. Santai aja”
Rama : “makasih ya, kalian mau kan jengukin Daniel? Sampai sekarang dia belum sadar dari koma nya. Gue tau dia nungguin kalian”.
Azzam : “oke. Kami mau kok”.
Nisa : “ya, ntar pulang sekolah kita bareng bareng aja jengukin Daniel”
Sofia : “setuju!”
Rama : “makasih ya, gue bodoh banget nyakitin temen kayak kalian”
Sofia : “kan sekarang yang penting kita udah temenan lagi. Ya kan?”
Rama : “tentu” (tersenyum)
Saat pulang sekolah mereka pergi ke rumah sakit untuk menjenguk Daniel.
Rama : “hai. Niel. Nih mereka dah datang” (menatap Daniel yang terbaring diam dengan sendu)
Sofia : “hai. Lo jelek banget kalo tidur gitu. Bangun dong. Kami dah maafin lo kok”
Azzam : “yaa, dah gue maafin”
Ara : “ya, kami tau lo ngelakuin semua ini untuk dapetin perhatian bokap lo kan? kami tau lo kesepian”
Perlahan Rama pun tersadar dari komanya. Rama pun berteriak memanggil dokter. Setelah kondisi Daniel stabil mereka kembali masuk ke dalam.
Daniel : “makasih ya kalian dah maafin gw”
Azzam : “ya, kita kan temen. Santai aja”

Akhirnya mereka pun menjadi sahabat. Mereka saling berbagi satu sama lain. Mereka menjadikan perbedaan diantara mereka sebagai hal yang menyatukan mereka, bukannya sebaliknya. Mereka percaya, dalam hidup semua memiliki kekurangan dan kelebihan. Dan tugas kita sebagai manusia untuk mensyukurinya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar